RPP BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD SEMESTER 2 KTSP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : Sekolah Dasar Negeri 34
Pontianak Kota
Kelas
/ Semester : VI (Enam) / 2 (Dua)
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Jumlah
Pertemuan : 1 x pertemuan (3 x 35
menit)
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
5.
Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek
B. Kompetensi Dasar
5.2 menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara
lisan
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
§
Menyebutkan
apa judul teks darama pendek yang disampaikan secara lisan
§
Menyebutkan
siapa tokoh yang berperan dalam drama pendek yang disampaikan secara lisan
§
Menentukan
latar dalam drama pendek yang disampaikan secara lisan
§
Mengidentifikasi
mengapa peristiwa pada drama pendek dapat terjadi
§
Mendeskripsikan
sifat tokoh dala drama pendek yang dismpaikan secara lisan
§
Mengidentifikasikan
amanat yang terkandung dalam drama pendek yang disampaikan secara lisan
D.
Tujuan Pembelajaran
§
Siswa
dapat menyebutkan judul teks drama pendek yang disampaikan secara lisan
§
Siswa
dapat menyebutkan tokoh yang berperan dalam drama pendek yang disampaikan
secara lisan
§
Siswa
dapat menentukan latar dalam drama pendek yang disampaikan secara lisan
§
Siswa
dapat mengidentifikasi mengapa peristiwa pada drama pendek dapat terjadi
§
Siswa
dapat mendeskripsikan sifat tokoh dalam drama pendek yang disampaikan secara
lisan
§
Siswa
dapat Mengidentifikasikan
amanat dari drama pendek yang disampaikan secara lisan
v Karakter
siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence
), Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )
E. Materi
Ajar
a) Menceritakan Isi Drama
Drama adalah karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor.Ada beberapa hal yang membentuk sebuah
pertunjukan drama, yaitu :
1. Naskah Drama
Naskah drama biasa disebut dengan skenario. Naskah
drama berisi tentang tema, dialog, plot dan perwatakan
tokoh.
2. Pemain
Pemain perempuan dalam drama disebut aktris dan yang
laki-laki disebut aktor.
3. Tempat Pertunjukan
Tempat pertunjukan drama biasanya di panggung yang
disebut dengan teater
4. Penonton
Penonton adalah salah satu faktor pendukung dalam
drama. Jika tidak ada penonton maka pertunjukan drama
tidak akan berjalan dengan lancer
b) Mengidentifikasi Unsur Drama
Berbagai unsur dalam drama adalah sebagai berikut :
1. Tema
Tema merupakan sesuatu yang menjiwai cerita dalam
drama. Tema menjadi dasar dalam bercerita. Jiwa atau ruh
sebuah drama terletak di dalam tema. Tema yang sering
dipakai dalam penulisan sebuah drama, misalnya masalah
ketimpangan sosial, keagamaan, kemiskinan, perjuangan,
percintaan, persahabatan, pendidikan, kesederhanaan, dan
lain-lain.
2. Tokoh
Tokoh merupakan seseorang yang berperan dalam sebuah
drama. Tokoh dalam sebuah drama masing-masing
mempunyai sifat atau watak yang diungkap oleh penulis
naskah.
3. Sifat atau Watak (Karakter)
Ada tiga cara untuk mengetahui watak atau karakter tokoh,
yaitu :
1) Dari
sikap dan perilaku tokoh tersebut
2) Dari pembicaraan si tokoh dengan tokoh yang lain
3) Dari cerita tokoh lain terhadap tokoh tersebut
Watak atau karakter tokoh dapat bermacam-macam,
misalnya jujur, sabar, rajin, hormat, lucu, pemarah,
penyayang, dll.
4. Alur atau Plot
Alur adalah jalan cerita atau kronologi terjadinya peristiwa
dalam cerita. Secara garis besar alur dibagi dua macam,
yaitu :
1) Alur maju
Alur maju adalah alur yang menceritakan peristiwa
atau suatu kejadian secara urut dari awal sampai
akhir
2) Alur mundur (flash back)
Alur mundur adalah alur yang menceritakan
peristiwa atau suatu kejadian yang dimulai dari akhir
cerita kemudian kembali ke awal cerita
5. Latar/setting
Latar atau setting segala keterangan mengenai waktu,
tempat dan suasana cerita dalam drama tersebut. Latar
terbagi atas :
1) Latar Waktu
Latar waktu merupakan penjelasan tentang waktu
terjadinya peristiwa, misalnya pagi, siang, senja,
sore, malam, dll.
2) Latar Tempat
Latar tempat merupakan penjelasan tentang tempat
terjadinya peristiwa, misalnya di desa, kota,
pelabuhan, hutan, sawah, sekolah, kelas, terminal,
dll.
3) Latar Suasana
Latar suasana meliputi bagaimana suasana saat
peristiwa itu terjadi, misanlnya menggembirakan,
menyedihkan, menyenangkan, mencekama,
mengharukan, menakutkan, dll.
6. Amanat
Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan oleh si
penulis naskah drama. Pesan ini berupa nilai-nilai moral,
hikmah dan nilai didik yang diharapkan para penikmat
drama mampu menerima pesan moral tersebut.
Contoh Naskah Drama Pendek
SINOPSIS
Judul : Mari Menjadi Anak Yang Rajin Belajar
Tema: Sosial & Pendidikan
Durasi: Pendek
Jumlah pemeran 2 orang:
1) Acitri bella
2) Maysaroh
Acitri Bella dan Maysaroh adalah teman 1
kelas, mereka sangat dekat. Maysaroh memiliki kebiasaan malas belajar. Maysaroh
lebih memilih untuk bermain ketika malam hari. Sementara itu, ketika mengetahui
kebiasaan maysaoh yang suka malas untuk belajar, acitri bela sebagai teman
dekatnya maysaroh lantas menasehati maysaroh agar mau menyempatkan diri untuk
belajar.
Acitri :
May, kamu kalau malam hari belajar atau
hanya bermain saja ?
Maysaroh:
Aku lebih memilih main, asik sih !!
Acitri:
Asik ? ya emang asik, tapikan bukan berarti
harus ninggalin waktu belajar kan?
Maysaroh:
Kan waktu dikelas juga sudah diajarin,
ngapain juga harus belajar lagi dirumah ?
Acitri:
Justru belajar dirumah itu sangat penting
agar kamu bisa lebih paham materi yang diajarkan oleh guru.
Maysaroh:
Peduli amat !!
Acitri:
Ah kamu, nggak boleh gitu dong may, kan
kalau kamu malas belajar ntar waktu ulangan kamu nggak bakalan bisa ngerjain
tugas dengan benar. Pokoknya mulai sekarang kamu harus belajar dirumah ya.
Minimal dua hari sekali, kan ngak apa-apa, dari pada kamu nggak belajar sama
sekali.
Maysaroh akhirnya mendengarkan nasehat dari
acitri bella dan mau menerima masukan dari acitri bella untuk mulai belajar
dirumah dan tidak memilih main.
Maysaroh:
Ya sudah, kalau gitu mulai besok aku akan
belajar dirumah.
Acitri:
Nah gitu dong, hehehe
Maysaroh pun akhirnya menjadi sosok pelajar
yang teladan.
Semenjak hari itu maysaroh tidak pernah
memilih untuk bermain sebelum dia menyempatkan diri untuk belajar.
F. Alokasi
Waktu
1 x pertemuan (3 x
35 menit)
G. Metode Pembelajaran
a.
Metode : Tanya jawab,diskusi,penugasan
H. Kegiatan
Pembelajaran
§
Kegiatan Pendahuluan :
F Salam dan Do’a
F Absensi
F Informasi materi pembelajaran
F Menyampaikan tujuan pembelajaran atau KD
F Menyampaikan poin-poin materi ajar
§
Kegiatan Inti :
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi drama
pendek
F Tanya jawab tentang materi pelajaran
F Siswa dibagi dalam beberapa kelompok
F Guru menunjuk siswa untuk menceritakan drama pendek yang
disampaikan secara lisan
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
F Siswa lainnya ditugaskan menyelesaikan LKS
F Beberapa orang siswa menuliskan hasil pekerjaannya
F Siswa lainnya diberi kesempatan untuk menanggapi
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi :
F Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang
belum dimengerti
F Bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
F Evaluasi individu
§
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup :
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan
hasil belajar.
F Doa
F Salam penutup
I. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|
· Tertulis
· Tertulis
· Tertulis
· Tertulis
· Tertulis
· Penugasan
|
Lembar penilaian
Produk
|
·
Jawablah
pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara
lisan!
·
Tentukan-lah Judul drama pendek yang
disampai-kan secara lisan!
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
*
Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
*
tidak Pengetahuan
*
aktif Praktek
*
kadang-kadang aktif
*
tidak aktif
*
Sikap
*
kadang-kadang Sikap
*
tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
&
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
J. Media
dan Sumber Belajar
a. Media :
Teks drama pendek
b. Sumber Belajar :
1) Badan
nasional standar pendidikan 2006.
Standar
isi untuk satuan pendidikan dasar dan
menengah :
Menceritakan dan Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan.
2) Sri Marhaeni , dkk. 2009.Bahasa
Indonesia 6.jakarta: Pusat
Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional.105.
3) Warsidi, edi. Farika. 2008. Bse Bahasa Indonesia
Membuatku Cerdas untuk kelas VI SD/MI. Jakarta: pusat perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional.
Lembar
Kerja Siswa (LKS)
Setelah
mendengarkan drama pendek yang telah dibacakan tadi, diskusikan bersama dengan
kelompokmu tugas-tugas dibawah ini!
1)
Apa
judul dari drama yang dibacakan tadi ?
2)
Sebutkan
tokoh-tokoh yang ada dalam drama tersebut !
3)
Sebutkan
dimana latar kejadian dari drama yang dibacakan tadi ?
4)
Apa
amanat yang terkandung dari drama yang dibacakan tadi ?
Pontianak, 05 Mei 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa
Indonesia.
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
Komentar
Posting Komentar