RPP BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD SEMESTER 2 KTSP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan    : Sekolah Dasar Negeri 34 Pontianak Kota
Kelas / Semester        : VI (Enam) / 2 (Dua)
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Jumlah Pertemuan    : 1 x pertemuan (3 x 35 menit)

A.      Standar Kompetensi
Mendengarkan
5. Memahami wacana lisan tentang berita dan drama pendek
  B.   Kompetensi Dasar
5.2 menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan
C.   Indikator Pencapaian Kompetensi
§  Menyebutkan apa judul teks darama pendek yang disampaikan secara lisan
§  Menyebutkan siapa tokoh yang berperan dalam drama pendek yang disampaikan secara lisan
§  Menentukan latar dalam drama pendek yang disampaikan secara lisan
§  Mengidentifikasi mengapa peristiwa pada drama pendek dapat terjadi
§  Mendeskripsikan sifat tokoh dala drama pendek yang dismpaikan secara lisan
§  Mengidentifikasikan amanat yang terkandung dalam drama pendek yang disampaikan secara lisan

D. Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat menyebutkan judul teks drama pendek yang disampaikan secara lisan
§  Siswa dapat menyebutkan tokoh yang berperan dalam drama pendek yang disampaikan secara lisan
§  Siswa dapat menentukan latar dalam drama pendek yang disampaikan secara lisan
§  Siswa dapat mengidentifikasi mengapa peristiwa pada drama pendek dapat terjadi
§  Siswa dapat mendeskripsikan sifat tokoh dalam drama pendek yang disampaikan secara lisan
§  Siswa dapat Mengidentifikasikan amanat dari drama pendek yang disampaikan secara lisan
         
v Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) dan Ketulusan ( Honesty )


                      
E.     Materi Ajar
a) Menceritakan Isi Drama
Drama adalah karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog  dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor.Ada beberapa hal yang membentuk sebuah pertunjukan drama, yaitu :
1. Naskah Drama
Naskah drama biasa disebut dengan skenario. Naskah
drama berisi tentang tema, dialog, plot dan perwatakan
tokoh.
2. Pemain
Pemain perempuan dalam drama disebut aktris dan yang
laki-laki disebut aktor.
3. Tempat Pertunjukan
Tempat pertunjukan drama biasanya di panggung yang
disebut dengan teater
4. Penonton
Penonton adalah salah satu faktor pendukung dalam
drama. Jika tidak ada penonton maka pertunjukan drama
tidak akan berjalan dengan lancer
b) Mengidentifikasi Unsur Drama
Berbagai unsur dalam drama adalah sebagai berikut :
1. Tema
Tema merupakan sesuatu yang menjiwai cerita dalam
drama. Tema menjadi dasar dalam bercerita. Jiwa atau ruh
sebuah drama terletak di dalam tema. Tema yang sering
dipakai dalam penulisan sebuah drama, misalnya masalah
ketimpangan sosial, keagamaan, kemiskinan, perjuangan,
percintaan, persahabatan, pendidikan, kesederhanaan, dan
lain-lain.
2. Tokoh
Tokoh merupakan seseorang yang berperan dalam sebuah
drama. Tokoh dalam sebuah drama masing-masing
mempunyai sifat atau watak yang diungkap oleh penulis
naskah.
3. Sifat atau Watak (Karakter)
Ada tiga cara untuk mengetahui watak atau karakter tokoh,
yaitu :
1) Dari sikap dan perilaku tokoh tersebut
2) Dari pembicaraan si tokoh dengan tokoh yang lain
3) Dari cerita tokoh lain terhadap tokoh tersebut
Watak atau karakter tokoh dapat bermacam-macam,
misalnya jujur, sabar, rajin, hormat, lucu, pemarah,
penyayang, dll.
4. Alur atau Plot
Alur adalah jalan cerita atau kronologi terjadinya peristiwa
dalam cerita. Secara garis besar alur dibagi dua macam,
yaitu :
1) Alur maju
Alur maju adalah alur yang menceritakan peristiwa
atau suatu kejadian secara urut dari awal sampai
akhir
2) Alur mundur (flash back)
Alur mundur adalah alur yang menceritakan
peristiwa atau suatu kejadian yang dimulai dari akhir
cerita kemudian kembali ke awal cerita
5. Latar/setting
Latar atau setting segala keterangan mengenai waktu,
tempat dan suasana cerita dalam drama tersebut. Latar
terbagi atas :
1) Latar Waktu
Latar waktu merupakan penjelasan tentang waktu
terjadinya peristiwa, misalnya pagi, siang, senja,
sore, malam, dll.
2) Latar Tempat
Latar tempat merupakan penjelasan tentang tempat
terjadinya peristiwa, misalnya di desa, kota,
pelabuhan, hutan, sawah, sekolah, kelas, terminal,
dll.
3) Latar Suasana
Latar suasana meliputi bagaimana suasana saat
peristiwa itu terjadi, misanlnya menggembirakan,
menyedihkan, menyenangkan, mencekama,
mengharukan, menakutkan, dll.
6. Amanat
Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan oleh si
penulis naskah drama. Pesan ini berupa nilai-nilai moral,
hikmah dan nilai didik yang diharapkan para penikmat
drama mampu menerima pesan moral tersebut.
                                         
Contoh Naskah Drama Pendek

SINOPSIS

Judul : Mari Menjadi Anak Yang Rajin Belajar
Tema: Sosial & Pendidikan
Durasi: Pendek
Jumlah pemeran 2 orang:
1) Acitri bella
2) Maysaroh
Acitri Bella dan Maysaroh adalah teman 1 kelas, mereka sangat dekat. Maysaroh memiliki kebiasaan malas belajar. Maysaroh lebih memilih untuk bermain ketika malam hari. Sementara itu, ketika mengetahui kebiasaan maysaoh yang suka malas untuk belajar, acitri bela sebagai teman dekatnya maysaroh lantas menasehati maysaroh agar mau menyempatkan diri untuk belajar.

Acitri :
May, kamu kalau malam hari belajar atau hanya bermain saja ?
Maysaroh:
Aku lebih memilih main, asik sih !!
Acitri:
Asik ? ya emang asik, tapikan bukan berarti harus ninggalin waktu belajar kan?
Maysaroh:
Kan waktu dikelas juga sudah diajarin, ngapain juga harus belajar lagi dirumah ?
Acitri:
Justru belajar dirumah itu sangat penting agar kamu bisa lebih paham materi yang diajarkan oleh guru.
Maysaroh:
Peduli amat !!
Acitri:
Ah kamu, nggak boleh gitu dong may, kan kalau kamu malas belajar ntar waktu ulangan kamu nggak bakalan bisa ngerjain tugas dengan benar. Pokoknya mulai sekarang kamu harus belajar dirumah ya. Minimal dua hari sekali, kan ngak apa-apa, dari pada kamu nggak belajar sama sekali.

Maysaroh akhirnya mendengarkan nasehat dari acitri bella dan mau menerima masukan dari acitri bella untuk mulai belajar dirumah dan tidak memilih main.

Maysaroh:
Ya sudah, kalau gitu mulai besok aku akan belajar dirumah.
Acitri:
Nah gitu dong, hehehe

Maysaroh pun akhirnya menjadi sosok pelajar yang teladan.
Semenjak hari itu maysaroh tidak pernah memilih untuk bermain sebelum dia menyempatkan diri untuk belajar.

F.     Alokasi Waktu
1 x pertemuan  (3 x 35 menit)
G.    Metode  Pembelajaran
a.       Metode   : Tanya jawab,diskusi,penugasan






H.    Kegiatan Pembelajaran
§  Kegiatan Pendahuluan :
F Salam dan Do’a
F Absensi
F Informasi materi pembelajaran
F Menyampaikan tujuan pembelajaran atau KD
F Menyampaikan poin-poin materi  ajar
§  Kegiatan Inti :
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F Siswa menyimak penjelasan guru tentang materi drama pendek
F Tanya jawab tentang materi pelajaran
F Siswa dibagi dalam beberapa kelompok
F Guru menunjuk siswa untuk menceritakan drama pendek yang disampaikan secara lisan
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
F Siswa lainnya ditugaskan menyelesaikan LKS
F Beberapa orang siswa menuliskan hasil pekerjaannya
F Siswa lainnya diberi kesempatan untuk menanggapi
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi  :
F Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti
F Bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
F Evaluasi individu


§  Kegiatan Penutup
   Dalam kegiatan penutup :
F Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang proses dan hasil belajar.
F Doa
F Salam penutup
I.       Penilaian
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
  • Menyebutkan apa judul teks drama pendek yang disampaikan secara lisan
  • Menyebutkan siapa tokoh yang berperan dalam drama pendek yang disampaikan secara lisan
  • Mengidentifikasikan amanat yang terkandung dalam drama pendek yang disampaikan secara lisan
  • Menentukan latar dalam drama pendek yang disampaikan secara lisan
  • Mengidentifikasi mengapa peristiwa pada drama pendek dapat terjadi
  • Mendeskripsikan sifat tokoh dalam drama pendek yang disampaikan secara lisan

·  Tertulis
·  Tertulis
·  Tertulis
·  Tertulis
·  Tertulis
·  Penugasan
Lembar penilaian
Produk
·  Jawablah pertanyaan sesuai dengan drama pendek yang disampaikan secara lisan!
·  Tentukan-lah Judul drama pendek yang disampai-kan secara lisan!






FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan



Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1


&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.







   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.











J.      Media dan Sumber Belajar
a.     Media              : Teks drama pendek
b.    Sumber Belajar :  

1) Badan nasional standar pendidikan 2006.
 Standar isi untuk  satuan pendidikan dasar dan menengah :
Menceritakan dan Menceritakan isi drama pendek  yang disampaikan secara lisan.
                            
2) Sri Marhaeni , dkk. 2009.Bahasa Indonesia 6.jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.105.

3) Warsidi, edi. Farika. 2008. Bse Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas untuk kelas VI SD/MI. Jakarta: pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
  








                                        Lembar Kerja Siswa (LKS)  

Setelah mendengarkan drama pendek yang telah dibacakan tadi, diskusikan bersama dengan kelompokmu tugas-tugas dibawah ini!
                            
1)        Apa judul dari drama yang dibacakan tadi ?
2)        Sebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam drama tersebut !
3)        Sebutkan dimana latar kejadian dari drama yang dibacakan tadi ?
4)        Apa amanat yang terkandung dari drama yang dibacakan tadi ?











































                                                                                                Pontianak, 05 Mei 2017
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                             Guru Mapel Bahasa Indonesia.



..................................                                                      ..................................
NIP :                                                                               NIP :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM IPA PENGUKURAN MASSA

MAKALAH METODE DAN MEDIA MENGAJAR

RPP MATEMATIKA SD