RPP MATEMATIKA SD
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SDN 34 PONTIANAK
SELATAN
Kelas / Semester :
V(lima) / 2 (dua)
Mata Pelajaran :
Matematika
Alokasi waktu :
1 x 35 menit
A. STANDAR
KOMPETENSI
6.
Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
B. KOMPETENSI
DASAR
6.1
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
C. INDIKATOR
1. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis
bangun datar
2. Siswa dapat menyebutkan sifat-sifat
bangun datar
3. Siswa dapat menghubungkan setiap
jenis bagun datar dengan benda di lingkungan sekitar
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Melalui pengamatan, siswa dapat
menyebutkan jenis-jenis bangun datar dengan tepat
2. Melalui diskusi, siswa dapat
menyebutkan sifat-sifat bangun datar dengan benar
3. Melalui penemuan, siswa dapat
menghubungkan jenis bagun datar dengan lingkungan sekitar secara tepat.
Karakter
siswa yang diharapkan:
1. Teliti
2. Disiplin
3. Kerjasama
E. MATERI
PEMBELAJARAN
Bangun
Datar
Bangun
datar adalah sebuah bangun berupa bidang datar yang dibatasi oleh beberapa ruas
garis. Jumlah dan model ruas garis yang membatasi bangun tersebut menentukan
nama dan bentuk bangun datar tersebut. Jumlah ruas garis serta model yang
dimiliki oleh sebuah bangun merupakan salah satu sifat bangun datar tersebut.
Ruas garis pada bangun datar disebut dengan sisi. Jadi, sifat suatu bangun
datar ditentukan oleh jumlah sisi, ukuran sisi, jumlah sudut, dan besar sudut.
Jenis-Jenis
Bangun Datar
1.
Persegi
Bangun
persegi mempunyai 4 buah sudut
yang
merupakan sudut siku-siku.
Sifat-sifatnya
adalah:
a.
Memiliki 4 empat sisi
Yaitu
sisi AB-BC-CD-DA.
b.
Keempat sisi berukuran sama panjang
c.
Memiliki empat buah sudut sama besar
yaitu 900 (sudut siku-siku).
2.
Persegi Panjang
Bangun
persegi mempunyai 4 buah sudut
yang
merupakan sudut siku-siku.
Sifat-sifatnya
adalah:
a.
Memiliki 4 empat sisi
Yaitu
sisi AB-BC-CD-DA.
b.
Dua sisi yang berhadapan sama
panjang.
c.
Memiliki dua macam ukuran panjang
dan lebar
d.
Memiliki empat buah sudut sama besar
yaitu 900.
3.
Segitiga Sama Kaki
Segitiga
merupakan bangun datar yang
terbentuk
dari tiga buah ruas garis/sisi.
Jumlah
ketiga sudut segitiga adalah 1800.
Sifat-sifatnya
adalah:
a.
Memiliki 3 sisi: AB-BC-CA
b.
Mempunyai dua sisi sama panjang
yaitu AC dan BC.
c.
Memiliki dua macam ukuran alas dan
tinggi
d.
Mempunyai dua sudut yang sama besar,
yaitu sudut A dan B dengan besar 600.
4.
Segitiga Sama Sisi
Sifat-sifatnya adalah:
a.
Memiliki 3 sisi: AB-BC-CA
b.
Ketiga sisi sama panjang
c.
Ketiga sudut sama besar yaitu 600.
d.
Memiliki dua macam ukuran alas dan
tinggi
5.
Segitiga Siku-siku
Sifat-sifatnya adalah:
a.
Memiliki 3 sisi: OM-MN-ON
b.
Mempunyai sisi tegak (OM), sisi
datar (MN),
dan
sisi miring (ON).
c.
Memiliki satu buah sudut siku-siku.
d.
Memiliki ukuran alas dan tinggi
6.
Trapesium
Sifat-sifatnya
adalah:
a.
Memiliki 4 sisi:
b.
Mempunyai dua sisi sejajar dan
dua
sisi tidak sejajar
c.
Mempunyai dua buah sudut yang
berdekatan yang besarnya sama.
7.
Jajargenjang
Sifat-sifatnya adalah:
a.
Memiliki 4 sisi:
d.
Sisi yang berhadapan sama panjang
dan sejajar
e.
Mempunyai empat sudut,terdiri dari
dari
dua
sudut lancip dan dua sudut tumpul
8.
Belah Ketupat
a. Mempunyai empat sisi sama panjang
b.
Mempunyai empat sudut, yaitu dua
sudut
lancip dan dua sudut tumpul
c.
Sudut yang berhadapan sama besar
9.
Layang-layang
Sifat-sifatnya adalah:
a.
Mempuyai dua pasang sisi sama
panjang
Sisi
AB= sisi BC
Sisi
AD= sisi CD
b.
Mempunyai sepasang sudut sama besar
Sudut
BAD = sudut DCB
c.
Semua sudutnya sama besar
10.
Lingkaran
Sifat-sifatnya adalah:
a. Lingkaran merupakan kurva tertutup sederhana
b. Lingkaran mempunyai titik pusat yaitu P.
c. Lingkaran mempunyai garis tengah (diameter) yaitu d yang
panjangnya 2 kali jari-jari
d. Jari-jari lingkaran (r) adalah jarak dari titik pusat ke
tepi lingkaran.
F. PENDEKATAN
DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Konstektual
2. Model : Example non example (Contoh dan bukan contoh)
3. Metode : Pengamatan, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, ceramah
G. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
· Guru mengucapkan salam dan menyapa
siswa
· Guru mengkondisikan siswa untuk
siap mengikuti pembelajaran.
· Siswa berdo’a yang dipimpin oleh
ketua kelas
· Guru mengecek kehadiran siswa.
· Guru melakukan apersepsi sebagai
awal komunikasi sebelum melaksanakan pembelajaran inti dengan tanya jawab, misalnya:
“coba lihat papan tulis, ada yang
tahu bentuknya apa?”
“kalau benda yang ibu
bawa,bentuknya apa ya?”
· Guru memberikan motivasi kepada siswa agar semangat
belajar
· Siswa mendengarkan penjelasan dari
guru tentang kegiatan yang akan dilakukan dan menyampaikan tujuan
pembelajaran mengenai sifat-sifat bangun datar dengan bahasa yang sederhana
dan dapat dipahami.
|
7
menit
|
Inti
|
· Guru membagi siswa kedalam kelompok, masing-masing
kelompok terdiri dari 2 orang
· Siswa duduk bersama pasangan kelompoknya
· Guru memperlihatkan media pembelajaran yang dibawanya
· Guru mendemonstrasikan media pembelajaran berupa puzzle
bangun datar.
· Siswa mengamati media sehingga
dapat menyebutkan jenis-jenis bangun datar
· Guru membagikan masing-masing 2 jenis bangun datar kepada
setiap kelompok
· Siswa bersama kelompoknya
mengamati puzzle berupa bangun datar yang dipegangnya untuk menemukan
sifat-sifat bangun datar
· Siswa menuliskan sifat-sifat yang terdapat pada bangun
datar tersebut. Selanjutnya secara bergantian, siswa bersama kelompoknya
menjelaskan di depan kelas
· Guru membimbing siswa
· Guru memberikan tugas kepada siswa
untuk mencari dan menemukan benda berbentuk bangun datar yang ditemukan di
lingkungan sekitarnya, misalnya: ban sepeda berbentuk lingkaran.
· Siswa menggambarkan di buku catatannya, misalnya: gambar
ban sepeda
|
15
menit
|
Akhir
|
· Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran
tentang sifat-sifat bangun datar
· Guru melakukan evaluasi dengan memberikan soal tes tulis
· Guru memberikan tindak lanjut
berupa PR mencari benda lain yang berbentuk bangun datar yang ditemukan di
lingkungan rumahnya
· Guru mengajak siswa berdoa sebelum
mengakhiri pembelajaran dan meminta salah seorang siswa untuk memimpin doa.
· Guru mengucapkan salam.
|
3
menit
|
H. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Sumber Belajar
a. KTSP 2006,
b. Buku Pelajaran Matematika untuk
Sekolah Dasar Kelas V (M.Khafid dan Suyati. 2007. Jakarta: Erlangga)
c. Lingkungan sekitar siswa.
2. Media pembelajaran
a.
Papan tulis dan kapur/spidol
b.
Puzzle bangun datar
I.
PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a. Penilaian Proses
Melakukan pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung
dari awal sampai akhir pembelajaran.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes
tulis.
- Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja
2) Penilaian Sikap
b. Penilaian Hasil Belajar
Uraian
Bebas
A. PENILAIAN
KINERJA
Rubrik Penilaian
No
|
Kinerja
|
||
Aspek Penilaian
|
Skor
|
Deskripsi
|
|
1.
|
Keaktifan
|
4
|
Berani bertanya dan menyampaikan
pendapat selama proses pembelajaran berlangsung
|
3
|
Hanya berani menyampaikan pendapat
selama proses pembelajaran berlangsung
|
||
2
|
Hanya berani bertanya selama
proses pembelajaran berlangsung
|
||
1
|
Belum berani bertanya dan menyampaikan pendapat selama
proses pembelajaran berlangsung
|
||
2.
|
Berdiskusi dengan kelompok
|
4
|
Semua anggota kelompok ikut
berdiskusi dalam melakukan tugas dari guru dengan benar
|
3
|
Semua anggota kelompok ikut
berdiskusi dalam melakukan tugas dari guru namun belum benar
|
||
2
|
Hanya satu orang yang berdiskusi
dalam melakukan tugas dari guru dengan benar
|
||
1
|
Hanya satu orang yang berdiskusi
dalam melakukan tugas dari guru namun belum benar
|
||
3
|
Membuat gambar berbentuk bangun datar
|
4
|
Gambar sesuai dengan lingkungan nyata dan menggunakan 3
warna atau lebih
|
3
|
Gambar sesuai dengan lingkungan nyata dan menggunakan 1-2
warna
|
||
2
|
Gambar sesuai dengan lingkungan nyata dan namun tidak
menggunakan variasi warna
|
||
1
|
Siswa belum dapat menggambar
|
Format Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Skor Akhir
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
B. PENILAIAN SIKAP
Rubrik Penilaian
No
|
Sikap
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Teliti
|
Belum Terlihat
|
Mulai Terlihat
|
Mulai berkembang
|
Membudaya
|
2.
|
Percaya diri
|
||||
3.
|
Kerjasama
|
Format Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Sikap
|
Skor Akhir
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
B. PENILAIAN
HASIL BELAJAR
Daftar Periksa
Format Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Skor Akhir
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
E. NILAI
AKHIR
No.
|
Nama Siswa
|
Kinerja
|
Sikap
|
Hasil Belajar
|
Total
|
Nilai
|
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
Komentar
Posting Komentar